Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sekuritas dalam Jual Beli Saham

 

Pentingnya Sekuritas dalam Jual Beli Saham

Finance.zenkeu – Investasi kini bukanlah hal tabu untuk bisa dimiliki oleh semua orang. Karena, investasi cukup memberikan bukti bukan hanya sekedar janji dalam mencukupi kebutuhan dimasa depan. Jadi, investasi bukanlah hal yang hanya bisa dimiliki orang-orang berpendidikan tinggi atau orang perekonomian kelas atas saja tetapi juga bisa dimiliki oleh semua masyarakat dari berbagai kalangan.

Banyak pilihan untuk melakukan investasi, ada yang ke tabungan, reksadana dan ada juga yang memilih investasi jenis saham. Di sini, mimin tidak akan menjelaskan ulang tentang apa itu saham karena sudah ada artikel lain yang sudah diposting sebelumnya tentang pengetahuan dasar saham tersebut.

Tidak harus menjadi akuntan ataupun ahli ekonomi untun memiliki saham. Proses jual belinya pun sangat mudah karena bisa (bahkan harus) memakai jasa lain untuk melakukan transaksi jualbeli saham tersebut. Jasa inilah yang dinamakan sekuritas. Tanpa sekuritas, investor tidak bisa melakukan transaksi jualbeli saham.

Dari penggunaan jasa sekuritas ini sobat akan mendapatkan sebuah rekening dana investor (RDI) sebagai tabungan yang menyimpan data transaksi jual beli saham. Perlu diketahui bahwa sobat diharuskan membayar jasa tersebut baik karena pendaftaran dari segi administrasi ataupun karena sudah melakukan transaksi. Namun, tidak perlu khawatir karena dana yang dibayar hanya sekitar 0.25% saja dari transaksi.

Sobat tidak perlu bingung untuk mencari sekuritas saat ini. Sudah ada puluhan lebih jasa sekuritas baik yang sudah OJK maupun yang masih belum OJK. Dan itupun tidak semuanya dari perusahaan bank seperti PT BCA Sekuritas, PT BNI Sekuritas dan bank lainnya melainkan juga dari sebuah perusahaan seperti PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia yang sudah banyak memiliki nasabah.

Apa perbedaan dari semua jasa sekuritas yang ada?

Bagi sobat yang masih pemula mungkin masih bingung harus memiliki atau memakai jasa sekuritas yang mana. Sebenarnya hanya ada beberapa perbedaan saja seperti jumlah minimal deposit awal dan lainnya yang akan dibahas berikut :

1.    Biaya (fee) transaksi beli

Perbedaan pertama adalah dari segi biaya transaksi beli saham kepada sekuritas. Setiap sekuritas memiliki perbedaan harga  tapi hanya berbeda beberapa persen saja dengan yang lainnya.

2.    Biaya (fee) transaksi jual

Tidak hanya berbeda dari biaya transaksi beli saja. Namun, untuk menjual saham sobat juga harus membayar jasa sekuritas tersebut dan dari sekian banyaknya sekuritas di Indonesia banyak yang memiliki biaya yang berbeda dalam melakukan transaksi. Rata-rata biaya transaksi jual akan naik 0,10% dari biaya transaksi beli.

3.    Setoran awal

Setoran awal atau deposit awal setiap sekuritas memiliki setoran minimal yang berbeda-beda. Ada yang mulai dari ratusan ribu rupiah saja dan ada yang juga memiliki ketentuan minimal deposit awal hingga 10 juta rupiah.

4.    Pendaftaran

Dengan canggihnya elektronik di zaman sekarang, rata-rata sekuritas kini sudah banyak yang bisa diakses secara online. Jadi, pendaftaran sudah bisa dilakukan secara online secara keseluruhan. Akan tetapi, juga ada yang bisa daftar online tapi harus melampirkan data-data yang diperlukan secara nyata ke kantor pusat bahkan ada juga yang harus daftar secara langsung ke kantor sekuritas terdekat.

5.    Nomor pojok wajib pajak

Tanda pengenal Nomor Pojok Wajib Pajak atau yang sering kita dengar NPWP merupakan identitas yang melengkapi data yang diperlukan untuk pendaftaran akun sekuritas. Jadi, bagi sobat yang belum memiliki sebaiknya membuatnya terlebih dahulu atau juga bisa memakai miliki orang tua atau pasangan (istri/suami). Namun, tidak perlu khawatir jika memang solusi sebelumnya tidak membantu karena masih ada sekuritas yang tidak mewajibkan nasabahnya untuk melampirkan NPWP tersebut.

Itulah perbedaan dasar dari jasa sekuritas yang bisa mimin informasikan. Jadi, sobat bisa memilih jasa sekuritas apa saja yang ingin sobat miliki agar bisa segara memiliki RDI pribadi. Semoga bermanfaat dan salam investor.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Sekuritas dalam Jual Beli Saham"