Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Investasi Saham dari Nol

Finance.zenkeu - Halo sobat kali ini mimin akan melanjutkan pembahasan dari artikel sebelumnya tentang investasi yaitu 3 Jenis Investasi Menjanjikan untuk Masa Depan. Nah, agar pengetahuan sobat semakin bertambah dan supaya lebih greget untuk menjadi investor maka sobat bisa menyimak pembahasan dari mimin berikut.
Belajar Investasi Saham dari Nol

Untuk mengerjakan suatu hal yang ingin kita jalani pastinya harus melewati beberapa proses. Sedangkan proses yang paling utama adalah belajar mengenai hal tersebut, benar bukan? sama seperti orang yang mau makan, sebelum makan pastinya orang tersebut sudah melalui proses belajar terlebih dahulu dengan memakai sendok, garpu, sumpit atau tangan sendiri.

Berlaku pula untuk sobat yang ingin melakukan investasi saham yang harus mempelajari terlebih dahulu semua yang berkaitan dengan saham, agar suatu hal yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari.

Karena dalam investasi saham bukan hanya tentang meraih keuntungan secara terus-menerus saja, disetiap ada putih pasti ada hitam dan setiap ada keuntungan pasti ada kerugian. Risiko yang tidak terduga juga bisa dirasakan oleh investor saham. Maka dari itu sobat perlu mengetahui apa itu saham sebelum terlanjur terjun ke dunianya.

# Pengertian Investasi Saham

Investasi adalah penanaman modal jangka panjang untuk keperluan atau kebutuhan di  masa depan. Sedangkan saham merupakan lembar kepemilikan seseorang terhadap suatu perusahaan. Jadi, investasi saham adalah penanaman modal yang berbentuk suatu lembar kepemilikan terhadap suatu perusahaan.

Sebelum adanya teknologi yang semakin canggih, saham tersebut hanya berupa selembar kertas berharga yang bisa dihilangkan bahkan bisa diambil orang lain. Namun kini lembar saham tersebut sudah berbentuk elektronik.

# Cara memiliki saham

Saham merupakan lembar bukti kepemilikan seseorang yang berinvestasi (investor) terhadap perusahaan. Maka untuk memiliki lembaran tersebut pastinya harus dengan membelinya.

Sobat tidak perlu bingung untuk membeli saham terhadap  sebuah perusahaan karena sudah ada puluhan bahkan ratusan perusahaan yang sudah bisa dibeli sahamnya. Kok bisa? Bagaimana caranya untuk mengetahuinya?

Nah, caranya mudah sekali sobat yaitu hanya dengan melihat dan membaca nama perusahaannya saja. Pernahkah sobat membaca nama perusahaan yang memiliki akhiran Tbk.? Seperti PT Kalbe Farma Tbk, PT Mayora Indah Tbk,  PT Gudang Garam Tbk dan masih banyak perusahaan lainnya. Tbk tersebut yang ada pada nama suatu perusahaan adalah singkatan dari kata "terbuka" maksudnya perusahaan tersebut bisa dimiliki oleh siapapun yang menanamkan modal atau yang berinvestasi pada perusahaan.

Jadi, sobat bisa memiliki sebagian aset dari perusahaan yang sudah dibeli tersebut. Sedangkan aset yang dimaksud adalah sebuah perputaran dana yang bisa dihasilkan dari perusahaan. Jika perusahaan mengalami keuntungan maka sobat bisa kebagian hasil tersebut meskipun hanya beberapa persen dari total saham yang dimiliki orang lain.

Begitupula disaat perusaan mengalami risiko maka juga akan ditanggung bersama pula. Perusahaan dalam hal ini bisa saja memiliki puluhan, ratusan atau bahkan jutaan lembar saham yang bisa dimiliki oleh semua orang.

# Cara mengetahui harga saham

Setelah paham tentang saham dan cara memilikinya, sobat pasti tertarik untuk membelinya, kan? Tidak harus memliki uang ratusan juta untuk memiliki saham apalagi bagi pemula. Dengan mengandalkan internet, sobat bisa mencari harga saham di kolom pencarian / google. Misalnya “harga saham BNI” maka akan muncul informasi terkait.

Harga yang tampil pada halaman pencarian tersebut adalah perlembarnya (1 lembar). Sedangkan minimal pembelian saham oleh investor tersebut adalah 1 lot. Satu lot adalah satuan untul 100 lembar saham. Jadi, bagi sobat yang ingin membeli saham minimal harus beli 100 lembar atau 1 lot.

Contoh :

Pada pencarian di google tertampil bahwa harga sama BNI adalah Rp 6.875 (per-lembar). Maka sobat harus membeli 100 lembar untuk memiliki 1 lot. Jadi, Rp 6.875 x 100 = Rp 687.500 (1 lot).

Itulah pembahasan kali ini, jika ada pertanyaan bisa di kolom komentar semoga bermanfaat dan salam sukses.

Posting Komentar untuk "Belajar Investasi Saham dari Nol"