Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Beli Saham Untuk Pemula ?

Bagaimana Cara Beli Saham Untuk Pemula ?

Finance.zenkeu - Selamat datang dan selamat bergabung dengan diskusi kali ini bersama mimin yang akan membahas tentang saham. Sobat pastinya sudah tau apa itu saham karena sudah banyak artikel, buku, dan edukasi yang telah membahas tuntas tentang saham. Namun, jika sobat masih pemula dan masih belum tahu apa itu saham? Sebaiknya baca dulu deh di artikel mimin belajar investasi saham dari nol.

Nah, setelah mengetahui dan paham dasar atau pengertian tentang saham sobat pastinya bertanya-tanya tentang pembeliannya. Apakah sama dengan pembelian beras di toko? Apakah sama dengan pembelian ikan di pasar? Karena saham merupakan sebuah investasi jangka panjang maka pembelian atau kepemilikannya tidak sesederhana itu sobat. Tapi juga tidak terlalu sulit.

# Tempat jual beli saham

Ketika ada seorang pembeli pastinya juga ada seorang penjual. Begitu pula dengan saham yang bisa diperjual belikan. Untuk tempat jual beli saham ini yaitu di pasar modal. Pasar modal adalah suatu tempat yang mempertemukan antara investor dengan badan usaha yang mengeluarkan kertas saham untuk diperjual belikan atau lebih dikenal sebagai emiten.

Namun, sobat tidak perlu khawatir dan tidak perlu ribet untuk datang langsung ke pasar modal karena transaksi tersebut akan dilakukan oleh seseorang yang menjadi perantara antara investor dengan emiten. Seseorang atau lembaga tersebut adalah sekuritas atau broker.

Kenapa investor tidak boleh membeli secara langsung ke pasar modal? Hal tersebut dikarenakan antara investor dan emiten tidak harus mengenal satu sama lain. Dan juga dengan adanya sekuritas disini akan lebih memudahkan para investor karena tidak perlu mencatat semua data emiten tersebut, apalagi yang masih pemula. Sobat bisa bertanya-tanya semua tentang saham yang akan dibeli kepada sekuritas tersebut.

Bisa dipahami bahwa untuk jual beli saham di pasar modal harus memakai jasa sekuritas. Dengan begitu, kita juga harus membayar jasa sekuritas tersebut baik untuk membeli saham ataupun ketika ingin menjual saham. Bayarnya juga tidak terlalu banyak kok sobat hanya kisaran 0,15% dari harga pembelian saham dan 0,25% dari penjualan saham.

Akan tetapi, nilai tersebut hanya rata-rata dari sekian banyaknya sekuritas yang ada di Indonesia ini sobat. Harganya pun berbeda-beda dan yang pasti pembayaran tersebut dilakukan setelah transaksi jual atau beli saham sukses. Jadi tidak perlu khawatir akan dibohongi.

# Cara membeli saham

Setelah tahu bahwa transaksi jual beli saham harus memakai jasa sekuritas, mungkin sobat masih bertanya-tanya bagaimana dan dimana kita bisa mencari sekuritas tersebut? Sobat bisa langsung mendatangi kantor  sekuritas terdekat di wilayah masing-masing seperti PT BNI Sekuritas (NI), PT MNC Sekuritas (EP) dan masih banyak jasa sekuritas lainnya.

Dengan adanya elektronik yang bisa diandalkan untuk kehidupan sehari-hari, kini sobat juga bisa mendaftarkan diri secara online melalui ponsel masing yang pastinya harus terhubung dengan internet. Jasa sekuritas sudah banyak yang memiliki applikasi sendiri yang bisa langsung di download di play store atau app store.

# Cara buat akun sekuritas

 Cara mendaftar atau buat akun sekuritas sangat mudah sekali sobat, yaitu seperti halnya membuka rekening bank. Karena, sobat akan memiliki Rekening Dana Investor (RDI) sebagai rekening khusus untuk jual beli saham. Jadi, jika sobat ingin membeli atau menjual saham tidak bisa transfer dari rekening bank biasa karena hanya bisa transfer uang dari rekening RDI ini.

Syarat untuk membuka RDI yaitu :

1.    KTP (Kartu Tanda Penduduk) untuk yang masih belum memiliki KTP sobat juga bisa mendaftar atas nama orang tua.

2.    NPWP (Nomor Poko Wajib Pajak) bagi yang belum atau tidak memiliki NPWP bisa mengajukan surat keterangan tidak punya tapi hal tersebut sesuai dengan ketentuan sekuritas masing-masing.

3.    Buku tabungan

Itulah pembahasan mimin kali ini tentang cara beli investasi saham untuk pemula. Semoga bermanfaatdan salam sukses.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Beli Saham Untuk Pemula ?"